Kompor Tanam: Segala yang Anda Perlu Ketahui

Apa itu Kompor Tanam?

Ariston Kompor Tanam PC 640 T X AUS
Kompor Tanam PC 640 T X AUS

Kompor tanam merupakan kompor yang pemasangannya harus ditanam di atas meja. Kompor ini bekerja seperti kompor permanen pada dapur yang sulit untuk digerakkan. Kompor ini dipasang dengan cara memotong sebagian tempat untuk memasang kompor ini (hob). Setelah terpasang, hanya permukaan atas dengan tungkunya yang terlihat, bagian seperti pipa gas dan yang lainnya tersembunyikan. Kompor jenis ini terlihat sangat indah dan elegan untuk dapur anda, sangatlah cocok untuk dapur modern anda. Juga terdapat berbagai macam jenis model produk yang terdiri dari 'finishing' yang elegan, bentuk yang indah, ditambah dengan fungsi yang memadai, temukan semua di Toko Dapur.

Terdapat berbagai macam jenis model dimulai dari 1 burner, 2 burner sampai dengan 5 burner. Fitur yang disediakan setiap model pun bervariasi dimulai dengan adanya safety, fungsi memasak khusus, tipe pemanasan yang berbeda. Juga terdapat berbagai macam cara pembakaran dimulai dengan menggunakan gas, elektrik dan induksi. Tergantung dari kebutuhan memasak anda, cara pemanasan ini juga berpengaruh pada makanan yang anda masak.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam?

Kelebihan:

  • Desain yang luar biasa. Alasan utama jenis kompor ini menjadi terkenal adalah karena desain mereka yang seperti menyatu pada dapur anda, menciptakan 'look' yang modern dan elegan pada dapur anda. Jenis dapur modern sangatlah cocok untuk menggunakan ini.
  • Menghemat tempat. Saat kompor freestanding membutuhkan banyak tempat, kompor jenis ini sangatlah cocok untuk diletakkan pada jenis dapur yang cenderung lebih kecil.
  • Fitur dan fungsi yang cukup. Terdapat berbagai macam fitur dan fungsi pada beberapa model unggulan kompor ini, fitur seperti fitur alarm dan timer yang dapat diatur supaya anda tidak perlu khawatir akan makanan yang terlalu matang. Kompor dengan program ini dapat secara otomatis mematikan panas apabila melewati masa yang telah ditentukan.

Kekurangan:

  • Pemasangan yang sedikit lebih rumit. Apabila dibandingkan dengan kompor jenis freestanding, pemasangan kompor tanam terbilang sedikit lebih rumit dan biasanya harus dipasang oleh ahlinya.
  • Tidak dapat dipindahkan. Berbeda dengan kompor portabel, kompor jenis ini tidak mudah untuk dipindahkan karena posisi sudah tertanam pada suatu bagian dapur anda.
  • Peralatan masak yang harus disesuaikan. Karena beberapa permukaan kompor tanam adalah permukaan yang rata, peralatan dapur anda juga harus disesuaikan dengan permukaan yang datar.

Jenis Kompor Tanam

Sebelumnya mungkin sahabat Toko Dapur lebih mengenal kompor dengan jenis minyak tanah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis kompor yang lebih efisien dan hemat pun bermunculan. Saat ini terdapat kompor dengan jenis gas, listrik, dan juga kompor induksi. Untuk masyarakat Indonesia, kompor gas bisa dibilang sebagai kompor yang paling populer untuk kegunaannya sehari-hari, sedangkan kompor listrik dan kompor induksi bisa dibilang belum terlalu populer di kalangan kita karena beberapa alasan.

Ketiga jenis kompor ini hadir untuk memenuhi kebutuhan kita semua sesuai dengan keinginan maupun budget sahabat Toko Dapur. Mari kita simak bersama apa saja jenisnya:

  • Gas

     

    Kompor gas merupakan tipe kompor yang menggunakan gas LPG atau awam disebut elpiji sebagai sumber panasnya. Kompor gas merupakan kompor yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupannya sehari -hari.

    Ariston Kompor Tanam TQ 751 (ICE) KX 75 cm
    Ariston Kompor Tanam TQ 751 (ICE) KX
  • Listrik

    Kompor listrik adalah kompor yang menggunakan listrik sebagai sumber panasnya. Listrik dialirkan lewat kabel nichrome menunju gulungan besi yang ada dibagian atas kompor. Permukaan atas kompor akan menghasilkan panas yang membuat makanan matang.

    ariston kompor tanam pc 604 x
    Ariston Built In Hob PC 604 X
  • Induksi

    Meskipun sama-sama menggunakan listrik sebagai sumber panas, namun kompor induksi memiliki fitur yang berbeda dengan kompor listrik. Kompor induksi menggunakan medan elektormagnetik dalam mendistribusikan panas pada panci ataupun penggorengan lainnya. Jadi yang terasa panas bukan kompornya melainkan pancinya, jadi sangat aman untuk digunakan.

    La Germania P6 4I T0 N Induksi
    La Germania P6 4I T0 N (Induksi)

Perbedaan Jenis Kompor

Ketiga jenis kompor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut adalah perbedaan yang paling utama antara ketiganya berdasarkan sumber yang terpercaya (tiffanyhouseware.com):

  • Kompor Gas Lebih Efektif Dalam Mengontrol Panas

Salah satu kelebihan kompor gas dibanding tipe kompor lainnya adalah Anda dapat mengontrol panas dengan efektif. Saat Anda mengaktifkan knob kompor gas, maka api akan langsung menyebar pada penggorengan. Berbeda dengan kompor listrik dan induksi yang membutuhkan waktu agak lama agar bisa panas secara maksimal. Selain itu untuk mengatur level panas, kompor gas lebih unggul daripada kompor listrik dan induksi. Jadi saat memasak apapun, Anda bisa dengan mudah mengatur panasnya agar sesuai dengan kebutuhan memasak. Tidak heran jika kompor gas masih digunakan oleh banyak orang di dunia terutama di restoran-restoran karena lebih efektif dalam menghantarkan dan mengatur panas.

 

  • Kompor Listrik Untuk Menghemat Penggunaan

Kompor listrik biasanya terdapat di apartemen ataupun penginapan-penginapan lainnya. Hal tersebut karena biaya pembelian dan perawatan kompor listrik sangat murah. Jika dibandingkan dengan kompor gas yang membutuhkan elpiji dan perawatannya, kompor listrik relatif lebih murah. Salah satu kekurangan dari kompor listrik adalah lama panasnya, sehingga Anda harus bersabar dalam memasak makanan.

 

  • Kompor Induksi Sangat Mudah Dalam Penggunaan dan Sangat Efektif

Kompor induksi merupakan tren terbaru di market kompor dunia. Kompor induksi menggunakan medan elektromagnetik untuk menghantarkan panas pada panci. Jadi meskipun kompor induksi sudah dihidupkan, namun jika tak ada panci diatasnya, maka Anda tak akan menemukan panas sama sekali. Hal tersebut membuat kompor induksi lebih unggul dari sisi keamanan. Kompor induksi juga mampu menahan panas dengan baik dan juga mampu menghantarkan panas dengan cepat.

Sekian informasi tentang kompor tanam yang kami bisa bagikan dengan sahabat Toko Dapur. Kami berharap informasi ini berguna bagi anda semua untuk menentukan kompor idaman dapur anda. Jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami via telepon, tatap muka, ataupun komen dibawah apabila anda memiliki pertanyaan.

Sumber:

jualelektronik.com

zingyhomes.com

 

 

Recent Posts

Spread the love

13 thoughts on “Kompor Tanam: Segala yang Anda Perlu Ketahui

  1. Apakah kompor tanam harus ditanam? Jika hanya saya letakkan di atas meja saja, akan berbahaya atau mengurangi fungsinya?

  2. dapur saya sudah di cor beton bentuk L.saya berencana untuk ganti warna table topnya. sudah punya induksi 1 burner.lebih baik indusi ditanam atau pakai kompor tanam gas. tp cor beton harus dilubangi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *