Kompor Freestanding atau Kompor Tanam?

Kompor Freestanding atau kompor tanam? 2 jenis kompor ini tidak jarang menjadi pilihan yang membingungkan bagi kebanyakan orang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, kali ini Toko Dapur akan menjelaskan kedua jenis kompor ini, yuk disimak di bawah.

Apa itu Kompor Freestanding?

Ariston A6GG1FX - EX Kompor Free Standing
         Ariston A6 GG1 F (X) EX

Kompor freestanding adalah kompor yang dapat segera ditaruh diatas lantai pada dapur anda. Kompor freestanding biasanya mengkombinasikan oven dengan kompor itu sendiri dalam 1 unit. Mereka dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam suatu ruangan dalam dapur. Kompor freestanding memiliki fungsi yang lebih banyak dan memiliki desain yang lebih tradisional. Namun dapat digunakan dalam berbagai jenis dapur dan tetap terlihat indah.

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Freestanding

Kelebihan:

  • Instalasi yang terbilang mudah, karena kompor freestanding tidak tertanam dalam suatu peralatan dapur lainnya, mereka dapat dengan lebih mudah untuk dipasang.
  • Fitur yang lebih banyak, peralatan dapur ini memiliki fitur yang lebih lengkap dengan berbagai kecanggihan fitur memasak. Hal ini dikarenakan integrase dengan oven yang memberikan pengalaman memasak yang lebih banyak dibandingkan dengan kompor tanam biasa.
  • Desain yang unik dan indah, karena kompor freestanding didesain dengan elegan untuk mengakomodasi dapur anda supaya terlihat lebih indah dan memiliki estetika yang tinggi.

Kekurangan:

  • Harga yang relatif lebih mahal, karena banyaknya fitur dan desain yang relatif lebih menarik dibandingkan dengan kompor tanam.
  • Faktor desain yang mungkin tidak cocok. Kompor jenis ini bisa saja tidak memiliki desain yang sesuai dengan dapur anda, dikarenakan desain kompor tidak terintegrasi dengan dapur anda pada saat awal instalasi.
  • Lebih sulit dibersihkan. Kompor ini pasti memiliki rongga dengan perabotan lain pada dapur anda. Hal ini menyebabkan anda harus memindahkan peralatan dapur yang relatif berat ini untuk dibersihkan.

Apa itu Kompor Tanam?

Ariston Kompor Tanam PH 940 MST (IX) 90 cm
Ariston Kompor Tanam PH 940 MST (IX)

Kompor tanam atau cooktop dapat dikenal sebagai unit “drop-in” yang berarti berfungsi sama dengan kompor jenis freestanding namun tidak terdapat oven dibawahnya. Kompor ini memberikan fleksibilitas dalam instalasi karena lebih mudah untuk diletakkan di tempat yang sempit. Ukuran kompor tanam cenderung sama dengan kompor jenis lain, namun juga terdapat ukuran yang lebih kecil untuk jenis kompor tanam.

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam

Kelebihan:

  • Kompor tanam mudah dipasang. Karena ukurannya yang relatif lebih kecil, kompor tanam lebih mudah untuk dipasang bahkan ditempat yang cenderung lebih sempit.
  • Kompor tanam lebih ekonomis. Kompor jenis ini memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan kompor jenis freestanding.
  • Lebih mudah dibersihkan. Karena kompor ini memiliki ukurang yang lebih kecil dibandingkan kompor freestanding, kompor ini lebih mudah untuk dibersihkan.

Kekurangan:

  • Memiliki limitasi fungsi. Meski memiliki fungsi sebagai kompor, namun tidak terdapat fitur sebagai oven sehingga fungsi kompor ini sangatlah terbatas apabila dibandingkan kompor jenis freestanding.
  • Desain yang terbilang kalah. Meskipun kompor tanam sudah memiliki desain yang indah, namun apabila dibandingkan dengan kompor jenis freestanding, kompor tanam bisa terbilang lebih tradisional.

Baik kompor freestanding maupun kompor tanam, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing. Semua kembali lagi kepada anda untuk memenuhi kebutuhan dapur anda. Kenali lebih jauh fitur dari masing-masing kompor pada halaman kompor freestanding dan kompor tanam kami.

Apa yang anda lebih sukai antara 2 jenis kompor ini? Apabila ada pertanyaan jangan ragu untuk langsung bertanya kepada kami.

Sumber:

Recent Posts

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *