Festival Kue Bulan: Tradisi dan Arti Dari Kue Bulan

Kapan Festival Kue Bulan 2017 Diadakan dan Apa itu?

Festival Kue Bulan diadakan pada hari ke 15 bulan 8 perhitungan kalender bulan yang akan jatuh pada tanggal 4 Oktober 2017. Festival ini juga dapat disebut sebagai festival musim gugur, mooncake festival, dsb. Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen dan salah satu festival terpenting di Tiongkok.

Lentera, hiasan yang sering terlihat untuk menghiasi perayaan festival ini

Bagaimana Warga Tionghua Memperingati Festival ini?

Warga Tionghua memperingati festival ini dengan berbagai aktifitas tradisional dan bermakna dengan keluarga. Aktifitas ini umumnya seperti makan malam bersama keluarga, menggantung lentera, menghormati bulan. Kebiasaan menghormati bulan sudah ada semenjak 3.000 tahun yang lalu. Kaisar Tiongkok menghormati matahari dan bulan dan berdoa untuk panen yang berlimpah, karena mereka percaya bahwa matahari dan bulan adalah salah satu bagian yang mengendalikan alam semesta ini.

Apa Hubungannya Dengan Kue Bulan?

Kue bulan cenderung memiliki bentuk bulat yang melambangkan bulan penuh, dan dimakan pada saat bulan (dipercaya) berukuran paling besar saat itu. Kue ini juga melambangkan reuni dengan keluarga, hal yang sangat dinanti oleh setiap orang. Awalnya Kue ini hanya memiliki rasa yang sangat terbatas. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kue ini mengalami sedikit evolusi dan terdapat variasi-variasi rasa baru yang dapat dinikmati setiap orang.

Baca juga: Resep membuat Kue Bulan!!

Sekian penjelasan singkat dari Toko Dapur mengenai festival yang sangat populer bagi kaum Tionghua. Kami segenap staff Toko Dapur ingin mengucapkan selamat merayakan festival kue bulan 2017. Sampai jumpa~

Sumber:

chinahighlights.com

Recent Posts

Spread the love

2 thoughts on “Festival Kue Bulan: Tradisi dan Arti Dari Kue Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *