Tips Memilih Daging Cincang

Tips Memilih Daging Cincang

Halo Sahabat Toko Dapur,

Ketika kita ingin membeli daging di pasar atau supermarket, salah satu kriteria yang harus diperhatikan adalah tingkat kesegaran dan kualitas daging cincang. Karena dijual dalam bentuk sudah dihaluskan atau dihancurkan, kita sulit membedakan mana daging cincang yang masih segar dan aman yang tidak, apalagi jika sudah dikemas dalam wadah plastik tertutup. Berikut ini adalah cara memilih dan membeli daging cincang yang berkualitas bagus.

 

  1. Pilih daging yang masih berwarna merah muda

Karena daging cincang lebih mudah terpapar udara bebas, biasanya lebih mudah terkontaminasi dan busuk, dan tanda yang mudah dilihat adalah perubahan warna. Pilih daging cincang yang warnanya merah muda segar, seperti daging sapi yang baru saja disembelih. Hindari memilih yang warnanya pucat dan keabu-abuan.

 

  1. Cium aroma dagingnya

Jika dijual dalam kondisi tidak dibungkus, cium aromanya. Jika sudah berbau, jangan dibeli. Pilih daging yang tidak berbau menyengat, dan tidak terlalu amis. Jika sudah dibungkus, cium dalam jarak dekat, meskipun bau busuknya samar, jangan dibeli.

 

  1. Tidak berlendir dan berair

Jika boleh disentuh, pastikan daging tidak berlendir dan berair. Pilih daging yang kesat dan tidak lengket. Meski belum menimbulkan bau, tapi jika sudah seperti ini, tanda daging mulai busuk. Daging yang berair juga tanda daging itu sudah terlalu lama disimpan di kulkas sehingga tidak segar lagi.

 

Itu dia cara memilih daging cincang yang segar dan berkualitas baik. Silahkan perhatikan beberapa hal tersebut ketika belanja ya Sahabat.

Recent Posts

Tips Menyimpan Daun Pandan agar Tetap Wangi dan Segar

Tips Menyimpan Daun Pandan agar Tetap Wangi dan Segar

 

Halo Sahabat Toko Dapur,

Daun pandan banyak dipergunakan dalam berbagai masakan dan akan lebih baik jika digunakan dalam keadaan masih segar. Bukan hanya memperkuat aroma masakan, daun pandan juga memberi cita rasa pada makanan. Karena diambil dalam keadaan segar tentu daun pandan tak akan bertahan lama. Jika dibiarkan beberapa jam sudah layu dan wanginya pasti akan berkurang bahkan tak bisa lagi digunakan. Tapi jika ingin membelinya dalam jumlah banyak dan berencana menyimpannya di rumah agar bisa digunakan sewaktu-waktu, ini yang bisa dilakukan.

 

  1. Bungkus plastik dan simpan di kulkas

Cara pertama adalah membungkus daun pandan dengan plastik agar tidak langsung terkena udara dan sinar matahari yang mampu menguapkan wanginya. Setelah dibungkus di dalam plastik, masukkan ke kulkas. Namun cara ini tetap tak bisa memertahankan kesegaran pandan dalam waktu lama. Maksimal hanya selama 3 hari.

  1. Diambil sarinya

Cara kedua lebih bisa lebih tahan lama, yaitu dihancurkan dan diambil sarinya. Daun pandan yang masih segar dicuci bersih, dibuang ujungnya dan dipotong-potong. Kemudian blender dengan air matang lalu saring dan dimpan ekstrak daun pandan dalam wadah tertutup. Simpan di dalam freezer agar lebih tahan lama dan keluarkan saat dibutuhkan. Meski begitu, tetap cek dulu aroma dan rasanya sebelum menggunakan sari pandan jika sudah disimpan untuk waktu yang cukup lama, misalnya satu bulan lebih di dalam freezer. Ada baiknya cek dulu aroma dan rasanya sebelum menggunakannya untuk kue atau makanan lainnya ya Sahabat.

 

Nah itulah tips untuk sahabat yang ingin menjaga kesegaran daun pandan pada saat disimpan, semoga tips dari kami bermanfaat untuk sahabat.

 

Sumber:

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/4192996/tips-menyimpan-daun-pandan-agar-tetap-wangi-dan-segar

Recent Posts

Kitchen Life Hacks : Mempermudah Urusan Dapur

Kitchen Life Hacks : Mempermudah Urusan Dapur

 

Memasak berarti tidak bisa lepas dari banyaknya kegiatan yang ada di dapur, tentunya kegiatan di dapur memiliki beragam kesulitan yang tidak bisa diselesaikan hanya dalam waktu sebentar. Maka dari itu, dengan trik sederhana berikut ini, ternyata dapat mempermudah beberapa kegiatan yang ada di dapur loh. Penasaran kan? yuk simak kitchen life hacks berikut ini:

  • Mengupas bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu utama yang wajib berada di dalam dapur, dan biasanya kita melakukan kesalahan pada saat mengupas kulitnya. Padahal ada cara yang sangat sederhana untuk mengupas kulit bawang putih. Nah pertama-tama sediakan sebuah wadah berupa toples, masukkan bawang putih yang belum dikupas kulitnya (tidak masalah apabila jumlahnya banyak), kemudian kocok-kocok hingga kulitnya terlepas.

 

  • Memisahkan kuning dan putih telur

Dalam suatu proses memasak, terkadang kamu diharuskan untuk memisahkan antara kuning telur dan putih telur. Melakukan hal ini akan sangat sulit jika kamu tidak tahu cara memisahkannya, nah caranya adalah dengan menyediakan 1 buah botol plastik (bekas air mineral), sediakan 2 buah wadah, pecahkan telur dan kemudian tekan badan botol plastik, dekatkan ke bagian kuning telur, lalu angkat dan pisahkan ke wadah lainnya. Sangat mudah bukan?

 

  • Membersihkan Peralatan Masak Yang Kotor Karena Kunyit

Terkadang Sahabat dibuat kesal oleh noda bekas kunyit yang sangat sulit dihilangkan, noda ini dapat membuat tampilan panci atau wajan jadi sangat buruk. Nah cara mudah untuk menghilangkanya adalah dengan menggunakan baking soda, ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci/wajan, lalu diamkan sebentar, kemudian bilas. Jika masih ada noda-noda yg menempel, ulangi kembali cara di atas.

 

  • Jangan Simpan Sayur di Kulkas Menggunakan Plastik Kresek

Sayuran yang disimpan di dalam kulkas cepat sekali membusuk? Mungkin kamu melakukan kesalahan ketika menyimpannya, terutama yang paling sering dilakukan seperti memasukan sayuran beserta plastik kreseknya. Cobalah dengan mengganti plastik kresek dengan kertas koran untuk membungkusnya, dengan cara ini air embun yang berasal dari kulkas akan tertahan sehingga sayuran akan menjadi lebih tahan lama.

 

  • Membuka tutup toples yang macet

Setiap orang pasti pernah menghadapi tutup toples yang tiba-tiba susah dibuka? akhirnya kelimpungan mencari orang yang punya otot untuk minta tolong. Padahal kalau tahu trik berikut ini, satu-satunya yang kamu butuhkan adalah karet gelang. Lingkarkan karet gelang tepat di bawah tutup toples. Karet gelang ini berfungsi untuk nambah gaya gesek yang dibutuhkan untuk membuka tutup tersebut. Kalau pakai karet gelang masih susah, coba ambil sarung tangan karet untuk nambah gaya gesek lagi, dengan begitu tutup toples akan lebih mudah terbuka.

 

Semoga Informasi diatas dapat membantu dalam mempermudah urusan dapur Sahabat, selamat mencoba!

 

Sumber:

https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-dapur/

Recent Posts

Resep Surabaya Snow Cake

Resep Surabaya Snow Cake

 

Kue artis saat ini menjamur di berbagai daerah, dengan tipe dan keistimewaannya masing-masing. Salah satu kue artis yang cukup terkenal yaitu Surabaya Snow Cake milik Zaskia Sungkar. Ternyata kue tersebut tidaklah sulit untuk dibuat sendiri di rumah. Pada umumnya kue ini terdiri dari tiga bagian, yakni roti empuk, pastry dan vla. Nah berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini dan cara pembuatannya, silahkan dicatat ya sahabat.

 

Bahan Cake:

  • 10 gram cokelat bubuk
  • 4 butir telur
  • 1/2 sendok teh SP
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, lumerkan
  • 90 gram tepung kunci biru
  • 2 sendok makan susu bubuk full cream
  • 3 sendok teh pasta mocca

Bahan vla:

  • 250 ml susu cair
  • 1 butir kuning telur
  • 40 gram gula pasir
  • 25 gram tepung maizena
  • 1 sendok makan margarine
  • 1/2 sendok teh selai cokelat (Nutella misalnya)

Bahan pelengkap:

  • 5 potong puff pastry
  • gula halus

Cara membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  • Alasi loyang dengan kertas roti dan oles dengan margarin.
  • Masukkan semua bahan cake ke dalam wadah. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi.
  • Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Cara mengaduknya adalah dengan membalik-balikkan adonan, jangan diputar.
  • Masukkan adonan ke dalam cetakan, oven hingga matang kurang lebih 20-25 menit. Setelah makan, dinginkan.
  • Potong 5 puff pastry sesuai dengan ukuran bolu. Panggang dengan suhu 200°C hingga kuning kecokelatan.
  • Ambil sepotong puff pastry, lapisi dengan pasta cokelat, tumpuk dengan cake di atasnya. Ulangi sampai dua tumpukan. Terakhir adalah pasta cokelat di bagian atas.
  • Taburi dengan gula halus hingga rata menutupi cake.
  • Siap disajikan.

 

Bagaimana? Cukup mudah kan?

Selamat mencoba….

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/food/recipe/ayu-anggraeni/6-resep-makanan-kekinian-yang-bisa-dibuat-di-rumah-lebih-enak/full

Recent Posts

Resep Saltet Egg Calamari

Resep Saltet Egg Calamari

Halo Sahabat,

Sekarang kan lagi nge-trend banget tuh olahan makanan Salted Egg, nah kali ini toko dapur ingin berbagi resep Salted Egg Calamari (Cumi Telur Asin). Langsung aja yuk catet bahan-bahan dan cara membuatnya.

 

Bahan-bahan:

  • 300 gram cumi segar, bersihkan dan potong berbentuk cincin
  • 75 gram tepung maizena atau tepung beras
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica bubuk
  • Secukupnya minyak goreng
  • 5 buah telur asin matang
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • ½ sdm kaldu ayam bubuk
  • 4 batang kucai, iris tipis

 

Cara membuat:

  • Siapkan telur asin, kemudian ambil bagian kuning telur dan haluskan menggunakan sendok. Sisihkan.
  • Siapkan cumi yang sudah dipotong berbentuk cincin, beri garam dan merica, kemudian aduk hingga semua rata.
  • Lapisi cumi dengan tepung sampai semua permukaan cumi tertutupi oleh tepung.
  • Panaskan minyak dalam wajan tunggu sampai panas, selanjutnya goreng cumi sebentar dengan api kompor sedang. Angkat cumi, tiriskan, dan sisihkan.
  • Menggunakan wajan yang berbeda, lelehkan margarin menggunakan api kecil, masukkan kuning telur asin yang sudah dihaluskan. Tumis kuning telur asin sampai meletup-letup. Kemudian, tambahkan kaldu, gula, dan kucai. Masak hingga gula meleleh.
  • Masukkan cumi yang sudah di goreng, aduk rata. Matikan api. Tambahkan sedikit merica dan garam, aduk rata.
  • Masakan siap dihidangkan.

 

Selamat mencoba Sahabat……

 

Sumber:

https://thegorbalsla.com/resep-cumi/

Recent Posts

5 Cara Mengganti Menu Makanan Yang Bikin Bosan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tantangan terbesar buat kita yang biasa memasak di rumah adalah menyiapkan makanan yang enak, cepat dan gak bikin bosan! Seenak-enaknya nasi goreng buatanmu, kalau disajikan seminggu 2x aja juga udah gak jadi wow lagi!

Memasuki tahun yang baru ayo put your heart back to your kitchen dan pastikan setiap kali kamu makan bersama keluarga maupun makan sendiri bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan & dinanti-nantikan.

 

Coba praktekin aja tips-tips berikut ini:

  1. Cari Inspirasi

Kalau dari kecil kita makan makanan yang modelnya itu-itu aja, ada kemungkinan menu tersebut sudah melekat di lidah kita dan terbawa hingga besar. Saatnya kamu keluar dari kebiasaan, mulai cari inspirasi dan belajar memperkaya selera. Kamu bisa cari di internet, tanya orang sekitar atau dari resto-resto baru yang sekarang bermunculan dimana-mana. Jadi, gak ada alasan lagi untuk ‘buntu menu’.

 

  1. Modifikasi bahan yang familiar

Kalo kamu biasa masak nasi goreng, bukan berarti gak boleh masak nasi goreng lagi. Tinggal dimodifikasi aja bisa dari segi bumbu, penyajian, isian, level pedas, pokoknya bikin yang beda.

 

  1. Melanglang buana

Kalo kamu jagonya masak makanan Betawi, cobain deh masak dengan resep dari kota/negara lain, dijamin kamu gak akan kekurangan resep dan yang pasti menambah pengetahuanmu dalam memasak. Ingat... tujuannya bukan untuk memasak dengan sempurna, tapi keluar dari rutinitas menu & ciptakan pengalaman baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pic source : www.santamariaworld.com

 

  1. Cari teman memasak

Kamu bisa mengajak pasangan atau anak-anak untuk ikut berkreasi dan sumbang ide di dapur. Biasanya, beda tangan hasil masakannya beda juga lho.

 

  1. Komitmen

Untuk keluar dari kebiasaan memang gak gampang, tapi kalo kamu bisa komit terus menciptakan menu-menu baru, dijamin gak cuma kamu yang puas tapi keluargamu juga akan terus menanti-nantikan waktunya makan di rumah. Selamat mencoba.

Recent Posts

Trik Simple Membuat Menu Healthy&Fun Dengan Vegetable Peeler

Hai, Sahabat Toko Dapur...

Siapa sih yang gak tahu kalau sayuran itu sehat dan baik buat tubuh? Hanya saja seringkali kita enggan mengkonsumsi sayuran karena persepsi terhadap rasa sayuran adalah membosankan dan begitu-begitu aja.

Kali ini kita mengajak Sahabat Toko Dapur bereksplorasi dengan Zucchini. Zucchini sepintas akan terlihat mirip mentimun. Namun pada dasarnya sayur jenis ini sebenarnya merupakan labu. Varietas dari sayur ini ada dua, yaitu tender finger dan jemmy. Perbedaannya terletak di warna kulit buahnya.

Tender finger akan terlihat berwarna hijau tua. Sedangkan jemmy akan terlihat berwarna kuning keemasan.

Zucchini banyak mengandung vitamin A, C, B kompleks, mineral, asam lemak dan antioksidan. Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu pilihan sayur yang mampu menjaga tubuh dari segala macam penyakit seperti menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki sistem pencernaan, mengatasi diabetes dan menjaga berat badan jika dikonsumsi teratur.

https://www.khasiat.co.id/sayur/baby-zucchini.html

 

Toko Dapur juga mau bagikan 3 resep sehat dan enak menggunakan zucchini. Selamat mencoba!

 

Bahan utama yang diperlukan : Zucchini

Peralatan penting : vegetable Peeler.

 

Apa sih kegunaan vegetable Peeler?

Kegunaan dari Peeler adalah untuk mengupas kulit dari buah atau sayuran. Tapi gak cuma sebatas itu, dengan Jamie Oliver JB6100 All Purpose Peeler kita bisa berkreasi dan membuat sayuran lebih menarik untuk dinikmati. Alat ini sangat mudah digunakan dan gak kalah pentingnya dengan pisau di dapur.

 

= Zucchini Ribbon Salad =

Bahan

3 medium zucchini, cuci bersih

3 sdm olive oil

2 sdm cider vinegar

1 sdt Dijon mustard

1 sdt madu

Garam dan lada hitam secukupnya

2 sdm taburan feta cheese

 

Langkah

  1. Gunakan vegetable peeler untuk memotong zucchini secara memanjang hingga terlihat seperti pita tipis.
  2. Saus/dressing : Di dalam wadah mangkok, kocol olive oil, vinegar, mustard dan madu hingga menyatu dengan baik. Masukkan garam dan lada sesuai selera. Masukkan potongan pita zucchini, aduk perlahan hingga saus melapisi semua potongan pita zucchini. Diamkan selama 10 menit. medium bowl, beat oil, vinegar, dill, mustard and honey with whisk until well blended. Stir in salt and pepper to taste. Add zucchini; toss gently to coat. Let stand 10 minutes.
  3. Bagi menjadi 4 porsi dan tata diatas piring, lalu taburi dengan feta cheese.

https://www.bettycrocker.com/recipes/zucchini-ribbon-salad/61624cc7-430d-4604-9078-a361f271bf4b

 

= Grilled Zucchini Ribbons =

Bahan

2 medium zucchini

Garam dan lada secukupnya

Olive oil

4 tusukan kayu/logam

 

Langkah

  1. Gunakan vegetable peeler untuk memotong zucchini secara memanjang.
  2. Perlahan lipat pita zucchini dan tusuk dengan tusukan kayu/logam sampai habis. Hati-hati jangan sampai patah zucchini-nya agar terlihat tetap cantik seperti pita. Setelah selesai olesi dengan olive oil lalu bumbui dengan garam dan lada.
  3. Panggang dengan api sedang selama 2-3 menit pada tiap sisi hingga matang merata.

https://triedandtasty.com/grilled-zucchini-ribbons/

 

= Grilled Zucchini Rolls =

Bahan

Untuk 30 rolls

  • 2 medium zucchini
  • 1 kaleng tuna
  • 1/2 cup cream cheese
  • 1/2 ikat kucai
  • 1sdt jus lemon
  • Olive oil
  • Garam dan lada secukupnya

Langkah

  1. Gunakan vegetable peeler untuk memotong zucchini secara memanjang.
  2. Panaskan olive oil di atas panggangan. Panggang zucchini pada kedua sisi.
  3. Taruh zucchini yang sudah dipanggang di atas piring.
  4. Buat isiannya : campurkan cream cheese dan tuna di dalam wadah mangkok dengan menggunakan garpu.
  5. Bumbui dengan garam, lada dan jus lemon sesuai selera.
  6. Tambahkan irisan kucai lalu aduk rata.
  7. Oleskan isian ke atas setiap irisan zucchini yang sudah dipanggang.
  8. Lalu gulung setiap irisan dengan baik dan ketat.
  9. Simpan di lemari es hingga siap untuk disajikan.

https://www.gourmandize.com/article-1337-these-grilled-zucchini-rolls-will-make-summer-entertaining-a-breeze.htm

 

Selamat Mencoba.

Recent Posts

Tips Menggoreng Tahu Agar Tak Mudah Hancur

 

Memasak tahu memang gampang-gampang susah sih, bahkan tak jarang kamu menyepelekannya. Padahal, salah sedikit saja saat memasak tahu dapat membuat teksturnya hancur dan rasanya pun jadi nggak selezat jika kamu memasaknya dengan benar.

Ada beberapa hal-hal dasar yang perlu kamu ketahui sebelum memasak, seperti misalnya menggoreng tahu, terutama jika kamu masih belajar dalam dunia memasak. Nah, berikut ini adalah tips untuk menggoreng tahu.

 

Jangan dipotong terlalu tipis

Walaupun terbuat dari bahan dasar yang sama, jangan pernah menyamakan cara menggoreng tahu dengan cara menggoreng tempe. Tahu berbeda tekstur dengan tempe meski sama-sama terbuat dari kedelai. Oleh karena itu, pada saat memotongnya, usahakan agar tidak terlalu tipis. Saat memotong tahu, jangan mulai memotongnya dari bagian pinggir, mulailah memotong tahu dari tengah, kemudian potong sama besar sehingga dapat menghindari potongan yang terlalu tipis.

 

Goreng dengan minyak hingga terendam

Saat menggoreng tahu, jangan ragu untuk menggunakan minyak yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Ambil potongan tahu yang telah dibumbu secara perlahan, pastikan semua bagian tahu terendam oleh minyak panas agar kematangannya merata.

 

Jangan sering dibalik

Jika kamu ingin mendapatkan tahu dengan bagian kulit luarnya kering dan kecokelatan (Seperti tahu sumedang). Caranya adalah dengan tidak terlalu sering membalik tahu ketika digoreng. Tunggu hingga bagian pinggirnya kecoklatan, barulah membaliknya. Biasanya tahu akan menempel pada penggorengan, jika kamu terlalu terburu-buru unruk membaliknya. Ini dapat membuat tahu jadi lebih mudah hancur.

 

Menambah pengalaman memasak itu penting untuk menambah pengetahuan, rajin-rajinlah berlatih setiap hari agar kamu semakin lihai dalam hal memasak. Pelajari setiap cara mengolah bahan makanan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga tips menggoreng tahu di atas bermanfaat 🙂

 

Sumber : https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-dapur/3-tips-menggoreng-tahu-agar-tak-mudah-hancur

Sumber Gambar : Designed by topntp26 / Freepik

Recent Posts

3 Kesalahan Dalam Memakai Pisau Dapur

 

Dalam urusan memasak, kita pastinya tidak bisa jauh dong yah dari kegiatan mengiris atau memotong, baik itu bumbu-bumbu dasar maupun bahan makanan. Dalam mengiris dan memotong itu biasanya kan dilakukan dengan menggunakan pisau.  Nah, sebetulnya ada beberapa kesalahan yang terkadang tidak kita sadari ketika sedang mengiris dengan pisau. Hmmm, kesalahan? Kira-kira seperti apa sih kesalahan dalam memakai pisau tersebut? Yuk simak 3 kesalahan yang paling sering dilakukan ketika menggunakan pisau dapur berikut ini

 

Melupakan Ketajaman Pisau

Dalam mengiris bahan makanan, ketajaman dari sebuah pisau itu sangatlah penting, terutama untuk memberikan potongan-potongan yang sama rata, juga untuk mempermudah proses memotong. Namun hal ini sering kali diabaikan, padahal semakin sering pisau digunakan, maka apabila kita tidak merawatnya dapat membuat ketajamannya semakin berkurang. Asahlah pisau di dapur secara berkala, sebulan sekali misalnya.

 

Memotong Makanan Dengan Cara Yang Salah

Bagi beberapa orang, memotong makanan itu tidak memerlukan teknik khusus, cukup lakukan seperti biasanya sesuai selera. Padahal, dengan menggunakan cara yang benar, kegiatan ini bisa menjadi lebih mudah, aman dan hasil potongannya pun memuaskan. Karena cara memotong yang salah ini beresiko lebih tinggi mengalami jari teriris, hasil potongannya pun bisa jadi tidak menarik. Oleh karena itu, potonglah makanan dengan cara yang benar agar hasilnya pun jadi lebih maksimal.

 

Tidak Memegang Gagang Pisau Dengan Benar

 

Selain cara memotong, cara memegang gagang pisau juga perlu diperhatikan lho. Karena kesalahan dalam memegang gagang pisau dapat membuat jari tangan terluka, juga mempersulit dalam melakukan gerakan memotong. Cara memegang yang baik adalah dengan sedikit maju kedepan (jempol berada pada bagian pangkal pisau, tidak pada gagang) jari telunjuk juga harus sedikit ditekuk agar tekanannya lurus ke depan seperti gambar berikut ini.

 

 

Itu dia kesalahan-kesalahan yang sering kali terjadi saat menggunakan pisau namun jarang disadari. Yuk, mulai hari ini kita harus menggunakan pisau semaksimal mungkin, agar penggunaannya lebih mudah, lebih menghemat waktu dan juga aman tidak menyebabkan luka. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-dapur/3-kesalahan-dalam-memakai-pisau-dapur-namun-jarang-disadari

Recent Posts