8 Tips Ciptakan Dapur Sehat Dan Nyaman

Dapur Sehat 1 Modern

Dapur sehat bagaikan jantung bagi sebuah rumah. Dari dapurlah, makanan dan minuman tercipta untuk memenuhi kebutuhan primer pangan keluarga. Agar proses meracik dan memasak makanan jadi mudah, buat dapur menjadi nyaman dan sehat dengan memerhatikan tata letak komponen yang ada di dapur.

Dapur yang Efisien

Dapur Sehat 3 Modern

Besar maupun kecil ukuran dapur Anda tidak masalah, yang terpenting dapat melaksanakan fungsinya dengan baik yaitu tempat untuk melakukan proses memasak. Dapur seluas apapun jika tidak tepat dalam menempatkan dan mengatur komponen yang dibutuhkan, tidak akan memberikan rasa nyaman. Misalnya, saat Anda akan memasak kaldu ayam, namun lupa meletakkan kaldu bubuk yang biasa Anda gunakan, mungkin anda akan menjadi semakin sibuk mencari kaldunya.

Komponen utama di dapur adalah meja dapur, kompor, bak cuci, dan lemari peralatan dapur. Letak masing- masing komponen harus diatur untuk mempermudah kinerja saat memasak. Untuk bumbu-bumbu sebaiknya diletakkan dalam toples kecil rapi pada rak bersampingan dengan kompor. Buat juga laci-laci di meja dapur untuk menyimpan peralatan yang sering digunakan. Lalu maksimalkan fungsi dinding untuk meletakkan peralatan memasak. Di dekat bak cuci letakkan rak untuk piring, gelas, dan peralatan dapur lain sesudah dicuci. Anda tidak membutuhkan tenaga untuk berjalan menata peralatan makan dan masak tersebut.

Selain menata komponen dapur yang sesuai dengan dapur idaman, kitchen set dapat membantu Anda mempermudah dalam peletakkan komponen-komponen dapur. kitchen set dinilai lebih praktis untuk menjalankan fungsi dapur secara efisien dengan tampilan yang minimalis dan elegan.

Dapur Sehat

Dapur Sehat 2 Modern

Sesudah menata dapur menjadi lebih efisien, kini saatnya membuat dapur menjadi lebih bersih. Membersihkan dapur merupakan kewajiban yang tidak boleh tertunda. Mengapa? Karena ruangan ini dipakai setiap hari, bahkan bisa 2 -3 kali dipakai untuk memasak beragam hidangan. Sampah dan kotoran yang tercipta saat memasak harus dibersihkan secara berkala. Membiarkan dapur kotor terlalu lama sama saja dengan membiarkan makanan yang dimasak terkontaminasi bakteri. Agar dapur senantiasa tampak bersih, rapi dan tidak bau, ikuti tips dibawah:

  • Cuci Peralatan Masak Setelah Digunakan

Noda dari peralatan masak akan makin sulit dibersihkan apabila dibiarkan terlalu lama. Jangan tunda mencuci peralatan dapur dengan air sabun. Air panas juga dapat digunakan saat bilasan terakhir untuk membunuh kuman maupun bakteri yang tersisa.

  • Lap Kompor Usai Dipakai

Saat menggoreng makanan, seringkali minyak terciprat keluar, begitu pula saat memasak apapun seringkali tidak sengaja kuah keluar dari wajan. Untuk tetap menjaga kondisi dapur sehat, janganlah menunda untuk segera membersihkan noda-noda yang ada disela- sela kompor agar tidak menjadi kerak.

  • Rutin Membersihkan Bak Cuci Piring

Usai mencuci peralatan masak, bersihkan bak dengan menyiram air bersih. Lalu, buang sisa kotoran di bagian saringan. Jangan lupa untuk mengganti spons cuci piring seminggu sekali. Spons cuci piring yang lembap bisa menjadi tempat bakteri berkembang.

  • Bersihkan Lantai

Saat memasak, tidak jarang air dan makanan terjatuh di lantai. Oleh karena itu, bersihkanlah lantai secara berkala, pastikan tidak ada kotoran. Kondisi dapur yang bersih menandakan salah satu kondisi dapur sehat.

  • Buang Sampah Setiap Hari

Sampah dapur terdiri atas sampah basah dan kering. Jika tidak segera dibuang, sampah tersebut dapat membuat ruangan menjadi bau, mendatangkan lalat, semut, tikus.

  • Cuci Toples Bumbu

Mungkin kebanyakan dari kita jarang untuk mencuci toples bumbu. Namun, ternyata menurut penelitian, tempat bumbu adalah bagian yang memiliki banyak bakteri karena jarang dibersihkan. Oleh karena itu disarankan untuk membersihkan toples bumbu paling tidak dua minggu sekali.

  • Bersihkan Rak Piring

Rak piring merupakan tempat menaruh piring dan gelas bersih. Apa jadinya jika tempat menaruh peralatan makan bersih, ternyata penuh debu. Paparan debu otomatis membuat rak piring kotor, maka bersihkan rak piring seminggu sekali.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara

Kebersihan tidak selalu menyangkut apa yang terlihat, tapi juga apa yang tercium. Suda tentu dapur membutuhkan sirkulasi udara yang lancar untuk masuknya udara segar dan mengeluarkan asap pembakaran serta aroma masakan. Apabila anda merasa sirkulasi udara tidak lancar, Anda bisa menambahkan exhaust fan di dapur Anda.

Sekian 8 tips ciptakan dapur sehat dan nyaman dari Toko Dapur, semoga tips-tips ini berguna bagi Anda semua. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan dan ragu-ragu untuk bertanya. Kami akan siap membantu Anda

Bagi anda yang belum mengetahui siapa Toko Dapur, bisa baca disini Toko Dapur: Toko Peralatan Dapur

Sumber:

Mykitchenart Home Collection 2014

Recent Posts

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *