8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik - Lebaran akan segera tiba. Pada momen yang sangat spesial ini, sebagian besar dari kita pasti akan pergi dari kesibukan kita sehari-hari dan pergi ke tempat asal kita. Mudik secara etimologis berasal dari kata ‘udik’ yang berarti ‘dusun’, ‘desa’, atau ‘kampung’. Mudik adalah kegiatan untuk kembali ke kampung halaman, desa. Mudik dan lebaran merupakan dua hal yang sudah saling melekat, tak dapat dipisahkan satu sama lainnya.

Namun pada momen spesial ini, banyak oknum yang memanfaatkan peluang ini untuk melakukan aksinya untuk mencuri. Rumah- rumah yang terlihat kosong menjadi target utama mereka karena tampak sebagai sasaran yang empuk. Tidak hanya tindak kejahatan yang bisa menjadi ancaman, beberapa faktor seperti kebocoran gas atau konslet listrik juga dapat menjadi masalah yang besar. Oleh karena itu dengan tindakan- tindakan ini, diharapkan sahabat Toko Dapur dapat mudik dengan nyaman, yuk simak tindakan yang harus dilakukan dibawah:

8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

1. Hindari melakukan hal yang mengindikasikan rumah sedang kosong. Lampu teras yang menyala 24 jam dapat mengindikasikan hal ini, anda bisa memasang lampu otomatis yang dapat menyala dan mati pada waktu yang sudah ditentukan. Letakkan sandal di luar rumah dan jika bisa, hentikan langganan koran selama anda tidak dirumah. Koran yang menumpuk bisa menjadi indikasi bahwa rumah sedang kosong.

2. Matikan aliran listrik pada peralatan rumah. Matikan peralatan yang tidak dibutuhkan seperti AC, kulkas (pastikan isi kulkas terlebih dahulu), TV.

3. Cabut selang gas dan listrik untuk meminimalisir resiko kebakaran. Untuk menghindari resiko kebakaran akibat konslet listrik, ada baiknya kita mencabut segala peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan seperti kabel, selang regulator.

4. Tutup rapat pintu dan jendela rumah. Pastikan semua pintu dan jendela rumah tertutup rapat untuk mencegah pencuri untuk beraksi. Jangan meninggalkan kunci penting di tempat yang mudah diraih untuk mencegah adanya aksi kejahatan.

5. Jangan meninggalkan barang yang berharga di rumah yang dalam keadaan kosong. Simpan barang berharga seperti surat penting, uang dan perhiasan di tempat yang aman. Sahabat Toko Dapur juga bisa menitipkan pada safe deposit box di bank atau menitipkan ke orang yang anda percaya.

6. Beritahu orang terpercaya anda dan juga satpam. Ada baiknya anda memberitahu satpam dan juga orang yang anda percaya untuk membantu menjaga rumah anda. Jangan lupa untuk memberikan nomor yang penting dan dapat dihubungi untuk dalam keadaan darurat.

7. Jaga perilaku di sosial media. Terkadang, dengan mengumbar hal di sosial media justru membuka peluang bagi para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Kontrol segala sesuatu yang diposting pada media sosial seperti facebook, instagram, path, dll. Karena kejahatan yang disebabkan oleh informasi di media sosial bukan suatu hal yang aneh.

8. Pasang alarm keamanan dan juga CCTV. Jika memungkinkan, ada baiknya alarm keamanan dan CCTV juga dipasang di rumah untuk menjaga segala keamanannya. CCTV dapat dipasang di tempat yang memiliki barang berharga seperti ruang tamu, halaman, dan kamar.

Sekian 8 tips aman meninggalkan rumah saat mudik yang dapat Toko Dapur beritahu kepada sahabat Toko Dapur. Mungkin beberapa tips ini sedikit sulit dilakukan, namun ada baiknya kalau semua bisa dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anda dalam berlibur. Kami berharap "8 tips aman meninggalkan rumah saat mudik" ini berguna bagi sahabat Toko Dapur.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu Toko Dapur, bisa membaca lebih lanjut tentang kami di sini.

Sumber:

Kompasiana.com

Muslimahdaily.com

Recent Posts

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *