6 Tips Untuk Membuat Bumbu Meresap Dalam Ayam

6 Tips membuat bumbu meresap dalam ayam 1

Siapa yang tidak tahu jenis masakan ayam, terdapat berbagai macam jenis ayam yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Ada ayam panggang, ayam bumbu kuning, ayam kecap, ayam panggang, dll. Banyak jenis masakan ayam ini memiliki rasa yang luar biasa karena bumbunya yang meresap sampai dengan bagian daging yang paling dalam.

Raza paling lezat dapat dirasakan pada ayam dengan bumbu yang meresap, namun tidak semua ayam memiliki rasa yang lezat, mengapa? Hal ini mungkin dikarenakan oleh beberapa faktor atau perbedaan dalam cara memasak ayam. Toko Dapur telah menyediakan 6 tips untuk membuat bumbu meresap dalam ayam, simak dibawah ya:

6 Tips Untuk Membuat Bumbu Meresap Dalam Ayam

  • Sediakan Ayam yang Segar

Untuk membuat masakan ayam dengan rasa yang lezat, ada baiknya kita menyediakan bahan baku yang segar juga dalam pembuatannya. Potong bagian ayam menjadi bagian yang lebih kecil karena bagian ayam yang telah dipotong akan lebih dapat menyerap bumbu. Hal ini dikarenakan permukaan ayam yang lebih banyak bersentuhan dengan bumbu pada saat akan dimasak. Bayangkan apabila sahabat Toko Dapur memasak ayam tanpa dipotong terlebih dahulu, ayam akan memiliki permukaan yang lebih sedikit untuk bersentuhan dengan bumbu, sehingga akan lebih sulit bagi bumbu untuk meresap sampai kebagian ayam yang paling dalam.

  • Bumbu yang Halus

Pori-pori dalam ayam akan membesar apabila sedang terkena panas, oleh karena itu dengan penggunaan bumbu yang halus, akan memudahkan bumbu untuk meresap kedalam ayam. Banyaknya bumbu dapat ditentukan masing-masing individu sesuai dengan keinginan, namun perlu diperhatikan untuk tidak memberikan bumbu yang terlalu sedikit dan juga terlalu banyak. Apabila bumbu yang diberikan terlalu sedikit, bumbu yang meresap otomatis akan lebih sedikit dan bisa jadi tidak memberikan rasa yang cukup. Namun apabila bumbu yang digunakan terlalu banyak, akan membuat rasa menjadi terlalu kuat sehingga kurang cocok untuk dimakan. Gunakan bumbu secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

  • Gunakan Api Kecil Dalam Memasak

Penggunaan api kecil sangat disarankan untuk proses pembuatan ayam bumbu, karena dengan api yang kecil dipastikan ayam akan matang secara perlahan namun merata. Bumbu yang dimasak secara perlahan juga akan dapat masuk ke dalam ayam sehingga akan lebih meresap sampai ketulang ayam. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan api yang besar dalam memasak karena dengan penggunaan api yang besar, bagian ayam dapat memiliki tingkat kematangan yang berbeda antara satu bagian dengan yang lainnya. Ditambah dengan proses memasak yang singkat tidak memberikan waktu yang cukup untuk penyerapan bumbu.

  • Gunakan Air Secukupnya

Dalam mengunkep ayam, tentu air wajib digunakan secukupnya untuk penyerapan yang sempurna. Jumlah air tergantung dari jumlah ayam yang digunakan, tambahkan air sehingga cukup untuk merendam semua ayam. Jangan gunakan air yang terlalu banyak (sepanci) karena dengan ini proses penyerapan juga menjadi tidak sempurna.

  • Panaskan Air Sebelumnya

Untuk proses penyerapan yang lebih sempurna, lebih baik kita menyiapkan air dan bumbu yang sudah dimasak terlebih dahulu. Proses penyiapan air dan bumbu dapat dilakukan dengan api yang besar, namun itu tidak dapat dilakukan terhadap ayam. Oleh karena itu lebih baik kita menyiapkan bumbu dan air yang sudah masak yang kemudian dimasukkan ayam. Saat ayam dimasukkan kedalam, idealnya api diubah menjadi api kecil untuk proses penyerapan yang maksimal ke dalam ayam. Bayangkan anda memasak ayam, air dan bumbu bersamaan, proses penyerapan tidak akan menjadi sempurna.

  • Gunakan Tutup Panci

Dalam proses penyerapan bumbu oleh ayam, air dan bumbu akan banyak menguap, uap ini mengandung sari-sari bumbu. Apabila kita tidak menutup ayam dengan tutup panci, sari-sari ini akan menguap dan ayam pun kehilangan rasanya. Namun apabila tutup panci digunakan, sari-sari ini akan dapat 'kembali' kedalam ayam, menciptakan rasa yang lebih kaya dibanding dengan yang tidak menggunakan tutup panci.

 

Bagaimana sahabat Toko Dapur, 6 tips untuk membuat bumbu meresap dalam ayam terdengar menarik bukan? Anda bisa coba menerapkan tips ini untuk hidangan di rumah anda, dijamin ayam akan memiliki rasa yang lebih kaya dan lezat.

Oh iya, apabila sahabat Toko Dapur belum memiliki panci atau peralatan untuk membuat ayam bumbu, anda juga bisa mencarinya di halaman panci dan peralatan masak kami lho.

Untuk sahabat Toko Dapur yang belum mengenal kami juga bisa membaca post ini untuk mengenal kami lebih jauh.

Sekian 6 tips untuk membuat bumbu meresap dalam ayam, apabila anda memiliki pertanyaan, anda bisa langsung bertanya disini maupun langsung menghubungi kami apabila anda membutuhkan perlengkapan dapur, kami siap melayani anda. Sampai jumpa sahabat Toko Dapur~

Sumber:

resepkoki.id

Recent Posts

Spread the love

3 thoughts on “6 Tips Untuk Membuat Bumbu Meresap Dalam Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *