5 Tips Cermat Dalam Memilih Pelapis Meja Dapur

Meja dapur adalah tempat yang paling sering digunakan saat beraktivitas di dapur. Mulai dari mengiris bumbu, memotong bahan-bahan masakan, hingga meletakkan barang-barang berat atau yang kadang masih panas. Untuk itu pelapis meja dapur atau yang sering disebut countertop haruslah dipilih yang berbahan kuat, tahan gores, tahan panas, dan mudah dibersihkan.

Ada berbagai jenis bahan yang digunakan untuk countertop, diantaranya batu alam, kayu, baja kaca, keramik, dan bahan-bahan sintetis (beton, solid surface, teraso). Semua bisa digunakan untuk pembuatan pelapis meja dapur, tapi tentu saja untuk memilih, Anda harus mempertimbangkan intensitas penggunaan dapur. Sebab masing-masing material tersebut berbeda daya tahan dan kualitasnya.

Oleh karena itu Anda perlu lebih cermat untuk memilih meja dapur Anda, berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli pelapis meja dapur

5 Tips Cermat Memilih Meja Dapur

Meja Dapur Countertop 1
                           Countertop
  • Pilih Bahan yang Punya Daya Tahan Tinggi

Karena digunakan untuk berbagai keperluan dapur, pilih material pelapis yang tahan gores dan tahan kelembapan. Untuk itu Anda bisa pilih material alam seperti batu marmer dan granit, atau material buatan seperti keramik dan solid surface.

  • Mudah Perawatannya

Keramik dan kaca adalah material yang bisa Anda pilih jika yang Anda prioritaskan adalah kemudahan dalam membersihkan. Jika berupa potongan-potongan tile, hindari menggunakan tile yang terlalu kecil karena akan menyebabkan nat semakin banyak. Untuk pemasangan tile, pastikan agar jarak nat tidak terlalu lebar.

  • Mudah Diperbaiki

Karena intensitas penggunaan yang tinggi, kemungkinan bahan untuk rusak juga tinggi. Alangkah baiknya jika memilih material seperti granit dan solid surface yang mudah diperbaiki. Jika ada retak atau berlubang, tinggal ditambal. Pikirkan kembali jika pilihan Anda stainless steel dan kaca. Sebab, jika kedua material ini rusak di sebagian sisi saja, harus diperbaiki keseluruhan.

  • Memiliki Sedikit Pori

Bahan yang berpori banyak memungkinkan noda atau kotoran tertinggal di dalamnya dan susah dibersihkan sehingga menyebabkan berkembangnya kuman dan bakteri. Untuk itu pilih material solid surface. Marmer dan granit juga bisa dipilih asalkan Anda rajin melakukan perawatan secara rutin.

  • Aman Untuk Kesehatan

Karena meja dapur sering digunakan untuk mengolah makanan, maka makanan akan selalu bersentuhan dengan permukaan meja. Agar aman untuk kesehatan Anda, gunakan material pelapis yang mengandung bahan kimia yang membahayakan bahan kimia yang membahayakan kesehatan Anda.

Dapat disimpulkan, dari sekian material yang digunakan, solid surface adalah pilihan yang tepat untuk pelapis meja dapur Anda. Selain dengan kualitasnya yang bagus, solid surface yang bahannya terbuat dari 100% akrilik ini juga berfungsi untuk menambah keindahan meja dapur dan kitchen set secara keseluruhan.

Sumber:

Mykitchenart Home Collection 2014 Magz

Recent Posts

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *